Kerja yang efisien dari rumah adalah suatu tantangan. Banyak gangguan,
kurangnya fasilitas, dan komunikasi seperti ketika Anda sedang bekerja di
kantor. Tidak ada yang tidak mungkin yang di dunia ini, karena yang menjadikan
kita produktif adalah kita sendiri. Ada banyak cara untuk menjaga diri Anda
bekerja secara produktif dari setiap lokasi.
Apakah Anda bekerja dari rumah setiap hari, beberapa kali per
minggu, atau bahkan jika Anda hanya bekerja dari rumah saat Anda sedang sakit?
Berikut 8 tips ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan hasil maksimal dari
kerja di rumah. Anda tidak akan percaya berapa banyak Anda bisa dilakukan dalam
satu hari, saya juga!
1. Buatlah
Jadwal Kerja Rutin
Inilah tahap pertama untuk memastikan produktivitas saat kerja di
rumah. Hal yang perlu dicermati adalah ketika Anda dirumah godaan seperti
fleksibel untuk istirahat, makan, dan bisa mengerjakan tugas kapan saja. Jika
hal ini tidak Anda indahkan maka ini akan Anda karena tidak konsisten dalam
bekerja dan bertanggung jawab pada pekerjaan. Menetapkan diri jam konsisten
membuat Anda bertanggung jawab untuk diri sendiri dan untuk atasan Anda.
Berikut adalah faktor penting untuk dipertimbangkan ketika Anda
menetapkan jadwal kerja di rumah:
A. Atasan akan tahu mengetahui kapan Anda bekerja
B. Komuniasi yang baik akan terjalin dengan adanya jam kerja
C. Menentukan jam produktif dalam bekerja
Menentukan jam kerja tidak berarti bahwa Anda harus bekerja 8 jam
setiap hari, tetapi intinya harus bekerja pada waktu hari ketika Anda paling
produktif. Sebagai contoh, rasanya penting bagi Anda untuk memeriksa email Anda
setiap pagi, atau selalu membawa smartphone kemanapun Anda pergi. Tips yang
adalah mengerjakan setiap tugas di siang hari karena badan yang segar dan tidak
mengantuk menjadi acuan utama ketika bekerja.
2. Pisahkan
antara Jam Kerja & Jam Santai
Sama seperti ketika Anda mengatur jam kerja, penting juga mengatur
jam kerja dan jam pribadi. Jika Anda sudah mengatur jadwal sebaiknya patuhi
jadwal tersebut, penting untuk memberikan diri Anda waktu istirahat saat jam
sudah menunjukkan waktu istirahat. Jangan memperpanjang hari kerja terlalu jauh
melampaui apa yang Anda rencanakan, karena akan menimbulkan depresi dan tidak
produktif.
Menjaga waktu kerja dan waktu pribadi terkotak juga membantu Anda
tetap produktif saat Anda sedang bekerja. Menjalani jadwal jam kerja,
berkomunikasi, dan rencana ketika Anda tidak bekerja adalah komitmen yang harus
dilaksanakan. Misalnya, jika Anda ingin makan malam atau menghabiskan waktu
dengan keluarga, pastikan Anda membuat notifikasi bahwa pada saat itu Anda
sedang offline. Ingat! Komitmen dengan
jadwal Anda!
3. Buat Rencana
Alur Kerja!
Salah satu cara jitu untuk menjaga produktivitas up adalah membuat
perencanaan hari kerja Anda. Sebelum mulai bekerja, pastikan Anda mengetahui
apa yang prioritas, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan tugas
tersebut. Ada baiknya Anda merencanakan apa yang akan dilaukan esok hari,
keuntungannya adalah ketika Anda bangun di pagi hari tidak akan pusing berpikir
tentang apa yanga akan dikerjakan.
Dalam perencanaan alur kerja, pertimbangkan hal berikut:
A. Melakukan tugas-tugas prioritas tertinggi pertama
B. Merencanakan hari Anda dengan menjalani sendiri
siklus melakukan pekerjaan yang paling sulit
C Rencana sendiri penghargaan dan istirahat sepanjang hari
4. Istirahat
Langkah yang terakhir adalah istirahat, ya istirahat, poin ini memang
banyak disukai oleh semua orang, begitu juga dengan Anda. Istirahat yang cukup
terbukti menambah kreativitas dan produktivitas saat bekerja. Rencanakan apa yang
akan Anda lakukan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan agar badan siap dipaai
untuk bekerja lagi. 30 menit sangat cocok untuk istirahat pendek seperti tidur
siang hari & makan siang, namun jika lebih dari 2 jam maka sebaiknya
hentikan pekerjaan Anda.
5. Pakai
Pakaian Seperti Bekerja di Kantor
Walaupun Anda tidak berinterksi dengan orang lain sepanjang hari,
sangat penting untuk berpakaian yang pantas. Menata pakaian adalah contoh orang
sukses, bukan secara langsung tetapi mengarah ke pola pembiasaan. Tidak hanya
memakai pakaian namun mandi dan menyikat gigi! Pola ini akan memberitahu otak
Anda bahwa saat ini waktu kerja, bukan waktu relaksasi, dan akan memberikan
Anda lebih banyak energi. Celana dan T-shirt mungkin lebih nyaman, tetapi faktanya
lebih banyak orang mengantuk menggunakan pakaian tersebut.
Baca
juga: 3 Hal yang harus Anda Tahu Tentang Kecelakaan Kerja
6. Pilih
Tempat Paling Kondusif untuk Bekerja
Punya kursi empuk, ranjang yang nikmat tapi... itu semua adalah
godaan yang ahrus Anda tahan ketika waktu bekerja tiba. Pilihan tempat yang
konsusif untuk bekerja adalah sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan, keuntungan
yang paling jelas adalah Anda semakin percaya diri, waspada dan terorganisir.
Kelola posisi dimana Anda bekerja, termasuk kursi bagus & nyaman, meja yang
luas, dan alat-alat kerja yang rapi. Setelah semua tips ini Anda lakukan maka dijamin
akan puas dengan hasil kerja.
7. Batasi
Diri Anda
Bekerja di rumah bukan berarti Anda bebas untuk mengerjakan tugas
semaunya, justru dengan bekerja di rumah tantangan besar menanti Anda. Hubungan
keluarga seakan bisa renggang padahal yang Anda lakuakn murni untuk bekerja
menafkahi keluarga. Batasi diri untuk bercakap dan bersantai dengan keluarga
saat jam kerja, beri pengertian agar mereka bisa memberikan waktu luang untuk Anda
bekerja sendiri di ruangan yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Pada akhirnya keluarga
akan mengerti dengan keadaan dimana Anda bekerja dirumah memerlukan waktu dan
ruang untuk bisa fokus.
8. Bersihkan
Alat-alat Kantor Sendiri
Tidak seperti di kantor, dimana kantor akan selalu bersih karena
ada office boy. Aktualnya keika
bekerja dirumah Anda akan menjadi tenaga bersih-bersih yang harus siap sedia
membersihkan ruangan kerja. Menjaga kantor rumah Anda selalu bersih membantu tetap
fokus, terorganisir, dan menjadi produktif. Ingat! Kebersihan adalah sebagian
dari iman.
Fakta menunjukkan bahwa rumah yang berantakan bisa “menginspirasi”
Anda untuk menunda-nuda pekerjaan. Buatlah jadwal tetap untuk membersihkan
kantor rumah Anda, pastikan hal tersebut dilakukan sebelum dan sesudah bekerja.
Jika Anda dapat menguasai 8 tips diatas, banyak manfaat yang akan
didapat seperti kepuasan dalam bekerja akan bertambah. Selamat mencoba!