Apa yang membuat pekerjaan memuaskan? Tiap orang mempunyai
pandangan yang berbeda pada apa yang mereka cari dari pekerjaan. Bagi beberapa
orang, melakukan pekerjaan yang dicintai untuk sebuah organisasi adalah
kepuasan yang tak terhingga, bahkan menghiraukan besarnya pendapatan dari
pekerjaan tersebut. Kepuasan bekerja juga didapat ketika hal yang dilakukan
mendapat pengakuan dan apresiasi dari atasan.
Bagi banyak dari kita terutama pada saat ini kesempatan kerja yang
terbatas, kita harus puas dengan pekerjaan yang memberi kita penghasilan,
meskipun pada kenyataan kita mungkin tidak mencintai pekerjaan. Ulasan karir
merangkum 10 hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kepuasan bekerja;
1. Membangun hubungan Anda dengan atasan
Seperti halnya membangun hubungan dengan siapapun, membangun
hubungan dengan atasan dapat meningkat rasa percaya diri dan memacu untuk
bekerja lebih giat daripada sebelumnya. Karyawan yang dekat dengan atasan akan
lebih mudah naik jabatan karena selalu berkomunikasi dengan intens. Begitu juga
dengan Anda yang ingin cepat dalam berkarir dan bisa melakukan pendekatanpersuasif negosiasi gaji dengan atasan
2. Berkontribusi untuk memperbaiki tempat kerja
Semua orang menyukai hal yang baik. Ketika Anda melihat sesuatu
yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas atau fungsi organisasi, bawa
hal ini di meeting bulanan, atau berbicara dengan PIC (person in charge). Membangun tempat kerja menjadi lebih baik adalah
suatu kepuasan tersendiri yang bisa dilakukan, walaupun hanya hal kecil. Selanjutnya
jadwalkan perbaikan tempat kerja dengan intensif.
3. Ambil bagian dalam kesempatan yang diberikan oleh
organisasi/perusahaan
Perusahaan banyak memberikan kesempatan karyawan untuk cepat
mengembangkan karir. Kegiatan seperti proyek-proyek khusus, kesempatan pelatihan,
program kesejahteraan karyawan, menjadi kesempatan yang bisa Anda manfaatkan.
Program ini mempunyai 2 tujuan yang menguntungkan perusahaan dan karyawan.
Tidak ada salahnya mencoba kan?
4. Mengatur pekerjaan rutin
Banyak tugas yang biasanya kita kerjakan dengan tanpa mengindahkan
tenaga dan efektifitas. Mengatur pekerjaan dapat mempermudah setiap tugas yang
kia lakukan. Rencanakan setiap hari pada apa yang ingin Anda capai. Memenuhi
tujuan pada akhir hari akan membawa rasa puas.
5. Kaitkan pekerjaan hari ini dengan tujuan masa depan Anda
Setiap hal yang kita lakukan akan berpengaruh pada masa depan yang
ingin kita capai. Adanya belajar memahami pekerjaan membawa Anda untuk terus
berpikir bagaimana agar bisa mewujudkan keinginan, namun perlu dipahami bahwa
proses menempuh keinginan akan melalui tahap-tahap yang panjang.
6. Tetapkan beberapa tujuan perbaikan diri
Pikirkan bagaimana Anda bisa menambah pembelajaran dan keterampilan
dalam pekerjaan yang akan membawa kepuasan pribadi dalam bergerak menuju tujuan
yang diinginkan. Perbaikan diri dapat berupa meningkatkan kemampuan menggunakan
komputer, belajar keterampilan teknis yang berkaitan dengan pekerjaan, ataupun
memperbaiki bahasa tulisan, yang pada akhirnya menjadikan diri Anda lebih
terorganisir dan efisien.
7. Hobi kreatif Ambil
Anda punya hobi? Pasti punya, entah hobi apapun itu. Jika
pekerjaan Anda menjadi terlalu padat, terlalu serebral, atau membosankan,
kerjakan sebuah proyek pribadi (hobi) yang kreatif. Hobi dapat membuat pikiran
Anda lebih fokus dan tenang menjalani kegiatan sehari-hari. Sebuah penelitian
menunjukkan bahwa melakukan hal (hobi) yang disenangi akan menambah produktivitas
kerja, tidak hanya itu hobi juga dapat membuat Anda memiliki perusahaan besar.
Ini semua berawal dari hobi.
8. Luangkan waktu untuk bersantai dan meregangkan
Ambil waktu uang untuk beristirahat, bercengkrama denga sahabat
atau memainkan gadget. Pekerjaan yang padat bisa mengurangi ketepan dan
kecepatan dalam bekerja. Pastikan setiap 2 jam bekerja Anda beristirahat selama
10 menit.
9. Manjakan Diri Anda
Tidak ada salahnya membawa makan dan barang koleksi pribadi ke
kantor untuk membuat pikiran Anda lebih fresh.
Bekerja sambil ngemil membuat
bersemangat menjalani hari. Setidaknya itu yang pernah saya alami.
10. Berinteraksi dengan rekan kerja
Sadar atau tidak rekan kerja yang baik akan meningkatkan kepuasan
kita dalam bekerja. Berinteraksi dengak rekan kerja mempunyai banyak keuntungan
antara lain dapat menyelesaikan pekerjaan dengan ide-ide yang brilian. Semakin
bagus komunikasi yang dibangun antara Anda dan rekan akan berpengaruh besar pada
performa kerja.
Sepuluh hal ini memang bukan hal mutlak yang bisa dipakai untuk
meraih kepuasan kerja, karena tiap orang mempunyai perspektif masing-masing
dalam menjalani karir. Semoga bisa menjadi referensi Anda untuk mengejar karir
yang gemilang