Seperti yang kamu tahu, di kantor sama seperti dalam kehidupan,
sangat mudah untuk menjadi begitu terfokus pada satu hal. Pada saat kamu
berangkat pagi menuju tempat kerja pasti melaui berbagai macam persoalan yang
memengaruhi kinerja selama di kantor. Menjadi pribadi yang menarik adaah
sesuatu hal yang bisa dibilang susah-susah gampang, tetapi dibalik semua itu
menjadi public figure yang ceria dan
menyenangkan sangat didambakan semua orang. Berikut akan kami uraikan 5 tips
kerja agar lebih disukai di tempat kerja.
#1.
Perhatian
Manusia adalah makhluk sosial, dimana setiap perilaku dan
pekerjaan pasti melibatkan orang lain entah itu sebagai partner atau hanya sebagai teman untuk menjaga performa agar selalu
prima. Begitu juga dengan emosi yang dimiliki manusia pasti akan berubah jika
setiap perkataan bahkan kegiatan selalu mendapat perhatian dari rekan yang
lain.
Sebagai contoh ketika setelah seharian sibuk bekerja, banyak
komplain dari atasan, presentasi kacau bahkan dari awal kamu datang terlambat,
tiba-tiba ada teman yang datang dan menawarkan segelas teh manis. Bagaimana
perasaan kamu? Apakah kamu merasa dihargai?
Setelah itu kamu akan dengan senang hati berbagi dengan orang
tersebut mulai dari bercerita hingga menunjukkan apa saja yang telah kamu raih
selama ini. Poin nomor 1 adalah berilah perhatian pada rekan kerjamu sekecil
apapun itu dan lihatlah hasilnya.
#2. Jadilah
Diri Sendiri
Jangan pernah memainkan peran sinetron di tempat kerja, karena
akan berpengaruh pada jenjang karir-mu. Banyak karyawan berusaha sebaik mungkin
untuk meraih prestasi tapi mereka sendiri lupa untuk menjadi pribadi
masing-masing.
Jadilah diri sendiri, sebagian rekan kerja akan menilai dari apa
yang kamu ucapkan dan kamu lakukan. Mulai ketika pertama kamu masuk kerja,
kegiatan ketika di kantor, bahkan saat-saat istirahat makan siang. Bagian
terbaik tentang keaslian itu mendorong penerimaan; membuat ruang bernilai di
mata orang lain, dan ingatlah kamu juga harus membuka ruang untuk orang lain.
#3. Dermawanan
Kita semua adalah makhluk yang bisa termotivasi, terutama di
tempat kerja, orang-orang bergemira jika mengetahui kamu murah hati dengan
waktu, uang, perhatian dan senang membantu. Bukan berarti kamu harus membantu
mereka setiap waktu. Lebih tepatnya bantu mereka di saat membutuhkan.
Karyawan yang baik adalah orang yang tidak egois dengan urusan
pribadi mereka, namun tidak juga terlalu mementingkan urusan orang lain.
Menjaga keseimbangan antara tugas dari atasan dan permintaan bantuan teman
memang sulit, namun jika kamu mampu melaksakan hal ini maka rekan kerja dengan
senang hati akan membantu di saat kesulitan.
#4. Ramah
Kadang-kadang ketika berbicara dengan rekan kerja, kenalan dan
orang asing, tampak seperti rasa ingin tahu menguasai pikiran kita, sehingga
terburu-buru untuk bertanya kelanjutan cerita tersebut. Pahami lah, manusia
punya sifat ; hanya ingin didengar.
Mengerti apa yang saya bicarakan? Ya, benar. Ketika kamu mulai
bericara dengan rekan kerja atau pun orang baru kamu dikenal, mereka dengan
setia akan menunggu sampai giliran
mereka bicara datang. Pada posisi inilah kamu harus mampu menempatkan diri,
dengarkan cerita atau keluhan mereka, baik cerita yang menyenangkan atau
membosankan. Keuntungan dari hal ini adalah dapat menguasai pribadi rekan kerja
dengan mudah karena kamu sudah mengetahui pola pikir mereka.
Jadi, manfaatkan rasa ingin tahu-mu dengan benar dan pada posisi
yang tepat.
#5. Selalu
Berpikir Positif
Kita sering mengeluh bukan? Karena banyaknya tugas yang diberikan
atasan dan membuat kita frustasi. Pikiran manusia mudah berubah. Jadi
bersikaplah positif.
Ada sebuah pertanyaan, bagaimana selalu berpikir positif? Setiap
hari kita selalu mengalami berbagai macam kejadian yang kadang kurang
mengenakan hati mulai dari berangkat telat hingga pekerjaan yang menumpuk.
Yakinlah bahwa yang kamu lalui adalah bagian dari masa pendewasaan dan tangga
karir yang harus di pijak dengan sabar. Hal positif selalu berdasar dari
pikiran positif, jika kamu yakin pekerjaan yang kamu lakukan benar maka
kesmpulannya hal positif akan kamu jumpai.
Menjadi disukai adalah tantangan bagi kita sebagai tenaga kerja
yang terampil, sekaligus menjadi jembatan dalam meniti karir. Jika seorang
sudah suka dengan pribadi kita, maka banyak hal positif yang akan kita jumpai
walaupun sebenarnya diluar kemampuan diri kita masing-masing.
Nah, demikian tadi 5 poin pembahasan tips kerja yang bisa kamu
terapkan. Setiap perusahaan mempunyai budaya kerja masing-masing, mungkin tips
diatas bisa membantu kamu dalam beajar menjadi karyawan yang sempurna. Silahkan
mencoba!