Sama seperti mempersiapkan diri menuju ke wawancara kerja, upaya
pencarian kerja juga perlu dipersiapan. Ketika kamu membuat rencana mencari
pekerjaan, kamu harus memiliki arah dimana harus pergi mencari peluang kerja,
jenis kesempatan kerja yang dicari, dan yang paling penting adalah penerapan
dan melakukan strategi yang sudah kamu susun.
Faktanya adalah mencari pekerjaan memakan banyak waktu. Tidak
heran pencari kerja bisa menghabiskan beberapa jam sehari. Namun, masalah utama
adalah bukan terlalu banyak jam yang dihabiskan untuk mencari pekerjaan, tapi pencari
kerja hanya mencari tanpa tujuan dan menemukan sangat sedikit hasil. Dalam
artikel ini akan kami bahas strategi cara mencari kerja yang efektif, berikut
pembahasannya.
1. Tentukan
kapan dan berapa banyak waktu yang akan kamu habiskan dalam mencari pekerjaan
setiap hari.
Pikirkan tentang hal ini - ketika kamu sedang bekerja, biasanya
memiliki jadwal yang telah ditetapkan ketika bekerja dan deadline. Strategi ini adalah proses yang sama yang perlu
diterapkan. Dengan menetapkan jadwal dan batas waktu, kamu dapat fokus dan
mendapatkan pekerjaan yang dinginkan dengan lebih cepat.
2. Memecah bagian
yang sulit dalam mencari pekerjaan dan mengalokasikan waktu.
Setelah kamu tahu berapa banyak waktu yang dimiliki untuk bekerja
setiap hari atau setiap minggu, menentukan apa yang akan kamu lakukan dengan
waktu itu. Sebagai contoh, dua jam meneliti lowongan kerja, satu jam
mempersiapkan resume, melamar kerja dan melakukan satu jam berikutnya untuk berkomunikasi
dengan perusahaan yang kamu tuju.
Untuk memecahnya lebih jauh, kamu bisa mengalokasikan berapa banyak
waktu untuk browsing di internet seperti, LinkedIn, Facebook dan Twitter.
3. Tentukan
tujuan.
Jika kamu memiliki tujuan untuk menentukan arah, pasti tahu dimana
untuk memfokuskan upaya. Sebagai contoh, jika tujuannya adalah untuk
mendapatkan 2-3 wawancara per minggu dan pada awal minggu kamu sudah melakukan
dua wawancara yang ditetapkan, berarti kamu strategi apa yang akan dilakukan
selanjutnya. Di sisi lain, jika pada akhir minggu kamu tidak menerima panggilan
wawancara, saatnya untuk mengevaluasi resume-mu dan metode yang digunakan sudah
sesuai atau belom.
4. Tulis
aktivitas-mu.
Bila kamu melamar kerja sebanyak 10 pekerjaan setiap minggu, kamu
bisa kehilangan jejak bahkan dengan memori terbaik. Mengembangkan sistem
mencatat dalam kegiatan mencari kerja berarti menemukan pola yang bisa
diterapkan, apa tanggapan yang telah diterima, dan dimana kamu perlu untuk
terus menindak lanjuti. Dalam proses ini, hati-hati lah mengumpulkan informasi
deskripsi pekerjaan sehingga kamu bisa menyaring informasi yang benar.
Memiliki rencana mencari pekerjaan yang dilaksanakan dengan
bijaksana akan membuat-mu menghabiskan waktu secara efektif, efisien dan akan
melihat hasil yang lebih cepat dengan jenis kesempatan kerja yang inginkan.