4 Langkah Jitu Membangun Sebuah Rencana Mencari Kerja


Sama seperti mempersiapkan diri menuju ke wawancara kerja, upaya pencarian kerja juga perlu dipersiapan. Ketika kamu membuat rencana mencari pekerjaan, kamu harus memiliki arah dimana harus pergi mencari peluang kerja, jenis kesempatan kerja yang dicari, dan yang paling penting adalah penerapan dan melakukan strategi yang sudah kamu susun.


Faktanya adalah mencari pekerjaan memakan banyak waktu. Tidak heran pencari kerja bisa menghabiskan beberapa jam sehari. Namun, masalah utama adalah bukan terlalu banyak jam yang dihabiskan untuk mencari pekerjaan, tapi pencari kerja hanya mencari tanpa tujuan dan menemukan sangat sedikit hasil. Dalam artikel ini akan kami bahas strategi cara mencari kerja yang efektif, berikut pembahasannya.

1. Tentukan kapan dan berapa banyak waktu yang akan kamu habiskan dalam mencari pekerjaan setiap hari.
Pikirkan tentang hal ini - ketika kamu sedang bekerja, biasanya memiliki jadwal yang telah ditetapkan ketika bekerja dan deadline. Strategi ini adalah proses yang sama yang perlu diterapkan. Dengan menetapkan jadwal dan batas waktu, kamu dapat fokus dan mendapatkan pekerjaan yang dinginkan dengan lebih cepat.

2. Memecah bagian yang sulit dalam mencari pekerjaan dan mengalokasikan waktu.
Setelah kamu tahu berapa banyak waktu yang dimiliki untuk bekerja setiap hari atau setiap minggu, menentukan apa yang akan kamu lakukan dengan waktu itu. Sebagai contoh, dua jam meneliti lowongan kerja, satu jam mempersiapkan resume, melamar kerja dan melakukan satu jam berikutnya untuk berkomunikasi dengan perusahaan yang kamu tuju.
Untuk memecahnya lebih jauh, kamu bisa mengalokasikan berapa banyak waktu untuk browsing di internet seperti, LinkedIn, Facebook dan Twitter.

3. Tentukan tujuan.
Jika kamu memiliki tujuan untuk menentukan arah, pasti tahu dimana untuk memfokuskan upaya. Sebagai contoh, jika tujuannya adalah untuk mendapatkan 2-3 wawancara per minggu dan pada awal minggu kamu sudah melakukan dua wawancara yang ditetapkan, berarti kamu strategi apa yang akan dilakukan selanjutnya. Di sisi lain, jika pada akhir minggu kamu tidak menerima panggilan wawancara, saatnya untuk mengevaluasi resume-mu dan metode yang digunakan sudah sesuai atau belom.


4. Tulis aktivitas-mu.
Bila kamu melamar kerja sebanyak 10 pekerjaan setiap minggu, kamu bisa kehilangan jejak bahkan dengan memori terbaik. Mengembangkan sistem mencatat dalam kegiatan mencari kerja berarti menemukan pola yang bisa diterapkan, apa tanggapan yang telah diterima, dan dimana kamu perlu untuk terus menindak lanjuti. Dalam proses ini, hati-hati lah mengumpulkan informasi deskripsi pekerjaan sehingga kamu bisa menyaring informasi yang benar.


Memiliki rencana mencari pekerjaan yang dilaksanakan dengan bijaksana akan membuat-mu menghabiskan waktu secara efektif, efisien dan akan melihat hasil yang lebih cepat dengan jenis kesempatan kerja yang inginkan.

Share this

Related Posts

First